CONTOH PIDATO PENERIMAAN CALON PENGANTIN PRIA

Pidato Penerimaan Calon pengantin Pria untuk dinikahkan

Salah satu rangkaian prosesi perkawinan Pengantin Baru, adalah penerimaan Calon Pengantin Pria (CPP). Tahapan ini untuk menindaklanjuti tahap penyerahan Calon Pengantin Pria kepada keluarga Calon Pengentuin Wanita. Pada tahap ini, harus ada pidato atau kata sambutan balasan dari pihak Calon Pengantin Wanita (CPW).

Kata sambutan penerimaan Calon Pengantin Pria dari pihak Calon Pengantin Wanita, biasanya berisikan data sebagai berikut :
1.     Kata Pembukaan sebagai balasan pidato dari CPP
2.     Penghormatan kepada keluarga CPP dan rombongan serta para hadirin.
3.     Ungkapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, Allah SWT.
4.     Shalawat dan salam kepada Nabi Muhammad SAW.
5.     Ucapan terimakasih atas kedatangan CPP dan rombongan.
6.     Ucapan terimakasih atas penyerahan seserahan
7.     Menyatakan penerimaan Calon Pengantin Pria untuk dinikahkan.
8.     Menitipkan pesan agar Calon Pengantin Pria menyayangi Mertua.
9.     Menitipkan pesan agar Calon Pengantin Pria bisa menjadi Imam yang baik
10.  Menyerahkan urusan prosesi pernikahan kepada Penghulu.
11.  Memohon maaf bila terdapat penyampaian yang kurang pada tempatnya.
12.  Doa Penutup.
Data yang tersebut diatas, hanyalah merupakan acuan awal saja atau sebagai kerangka pidato. Boleh saja dirubah. Ditambah atau dikurangi sesuai dengan kondisi dan situasi atau tergantung adat istiadat dari kedua Pengantin Baru yang akan menikah. Bila ada hal-hal khusus yang ingin disampaikan, baik dalam pidato penyerahan dan penerimaan, sebaiknya dirembukkan lebih dahulu. Hal ini untuk menjaga agar tidak terjadi kesalahan pahaman yang tidak perlu terjadi.

***

Contoh Kata Sambutan atau Pidato Penyerahan Pengantin Pria untuk dinikahkan
Durasi pidato +/-  5 menit

Bismillahi rahmanirrahim
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Alhamdulillahirabbil alamin, Wassolatu wassalamu ala asrofil ambiyai walmursalin. Wa’ala alihi wasohbihi ajmaiin. Amma ba’du.

Salam Sejahtera bagi kita semua!

Yang saya hormati Bapak ( … nama ayah ibu CPP … ) beserta rombongan yang telah berkenan datang ke tempat berbahagia ini.
Yang saya hormati Bapak Penghulu
Yang saya hormati, para orang tua dan para guru atau ustadz
Yang saya hormati semua Bapak dan Ibu yang telah hadir ditempat ini, mohon maaf karena tidak dapat menyebutkan satu persatu.

Pertama sekali marilah kita panjatkan puji syukur ke Hadhirath Allah SWT., yang telah mencurahkan limpahan Rahmat dan karunia kepada kita semua, antara lain berupa rezeki, nikmat kesehatan dan kelapangan waktu sehingga bisa  berkumpul di tempat yang berbahagia ini.

Selanjutnya Shalawat dan Salam marilah kita sampaikan kepada junjungan kita, Baginda Nabi Muhammad SAW, kiranya kelak di hari yaumil akhir kita mendapat syafaat dari Beliau. Amin Ya Robbal Alamin.

Bapak dan Ibu hadirin undangan yang terhormat,
Izinkanlah kami atas nama keluarga besar Bapak ( … nama ayah CPW… ) dan ( … nama ibu CPW … ) sebagai orang tua dari ananda ( … nama CPW … ),  menyampaikan sepatah dua kata sebagai pidato balasan terhadap pidato dari Bapak yang mewakili pihak Calon Pengantin Pria..

Kami menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya terhadap keluarga besar Bapak  ( … nama orangtua CPP …) yang telah menepati janji saat prosesi lamaran tempo hari. Khususnya janji dari ananda ( … nama CPP …) untuk menikah dengan putri kesayangan kami ananda ( … nama CPW … ). Inilah hal yang kami tunggu selama ini dengan harap-harap cemas, bisakah ini terwujud? Sampai akhir-akhir ini, putri tercinta kami mengalami demam berkepanjangan, yaitu demam cinta. Dan Alhamdulillah, dengan kedatangan ananda ( … nama CPP … ) beserta keluarga besar pada hari ini, demam tersebut hilang.  Sekali lagi Alhamdulillahirobbil aalamin!  

Tadi dari yang mewakili keluarga besar  ( …nama CPP …) telah mengutarakan tujuan datang ke rumah ini. Yaitu menyerahkan ananda ( … nama CPP … ) untuk dinikahkan dengan putri kami yaitu ananda ( … nama CPW … ). Untuk itu sebenarnya, sudah ada titipan pesan dari ananda ( … nama CPW …), jangan sampai ditolak! Juga Ayahanda dan Ibunda ananda ( … nama CPW …) berpesan agar penyerahan ini diterima. Sehingga dengan mengucap Bismillah, penyerahan ananda ( … nama CPP …), kami terima dengan baik.
 
Dalam kesempatan ini, kami menyampaikan rasa bahagia Keluarga Besar dirumah ini dan syukur ke Hadirath Allah SWT dengan kedatangan Keluarga Besar Bapak ( … nama orang tua CPP …).

Berhubung untuk keperluan prosesi pernikahan sudah kami persiapkan. Termasuk Bapak Penghulu juga sudah hadir disini, maka rasanya tidak perlu berpanjang kata lagi. Dan selanjutnya marilah kita menjalankan salah satu Sunnah Rasulullah SAW., yaitu prosesi pernikahan ananda ( … nama CPW …) dengan ananda ( … nama CPP … ).

Demikianlah, kata sambutan penerimaan ananda ( … nama CPP …) untuk menjalani prosesi pernikahan dengan ananda ( … nama CPW … ). Kepada keluarga besar Bapak ( … nama orangtua CPP …) sekali lagi kami mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya. Bilamana terdapat kesalahan kata dan sikap kami dalam penerimaan ini, untuk itu kami menghaturkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya.

Subhanaka rabbil izzati ammaa yashifun wassalamun alal mursalin. Walhamdulillahi rabbil alamin. Wabillahi taufiq walhidayah. Wassalamualaikum Warrahmutallahi Wabarrakatuh.

***

Rangkaian pidato, mulai dari acara Lamaran, Penyerahan Pengantin Pria, Penerimaan Pengantin Pria dan Resepsi, sebaiknya dirembukkan terlebih dahulu. Bicarakan secara terbuka antara keluarga kedua belah pihak melalui orang yang ditunjuk. Bisa juga melalui Calon Pengantin Pria menyampaikan ke keluarganya. Dan Calon Pengantin Wanita kepada keluarganya sendiri.  

Contoh hal penting yang harus dibicarakan terlebih dahulu, antara lain adat yang akan digunakan dan jumlah rombongan yang datang. Termasuk juga besarnya mahar, jumlah undangan dari kedua belah pihak, waktu dan tempat resepsi. Bicarakan lebih dahulu melalui perantara keluarga kedua belah pihak. Carilah titik temu, setelah itu sampaikan kepada yang mewakili berpidato. Sehingga pidato dan kata sambutan dari kedua belah pihak tidak ada kata-kata yang membuat ketersinggungan. Disinilah pentingnya rembukkan terlebih dahulu dari keluarga kedua belah pihak.
 
Ada satu hal lagi yang tidak kalah pentingnya untuk dibicarakan terlebih dahulu sebelum pertemuan. Yakni acara berbalas pantun. Bilamana ada acara berbalas pantun oleh yang menyampaikan pidato, sebaiknya dibicarakan secara terbuka. Apa jenis pantunnya. Dari keluarga Calon Pengantin Pria pantunnya seperti apa. Sebaliknya dari pihak Calon Pengantin Wanita apa bunyi pantunnya. Sesuaikan pantun yang akan disampaikan oleh kedua belah pihak, sehingga acara berbalas pantun menjadi asyik dan menarik. Para hadirin menjadi terhibur. Dan yang paling penting, tidak menimbulkan kesalahanpahaman.

Contoh Pidato atau Kata Sambutan Penerimaan Calon Pengantin Pria diatas, mungkin masih memerlukan perbaikan disana-sini. Bisa karena ada titipan pesan dari keluarga Calon Pengantin, atau untuk menyesuaikan dengan adat istiadat setempat. Bisa juga ditambahi dengan doa untuk Calon Pengantin.

Demikianlah edisi kali ini, semoga contoh pidato atau kata sambutan diatas, bermanfaat buat siapa saja  yang akan menyampaikan kata sambutan.

 


Belum ada Komentar untuk "CONTOH PIDATO PENERIMAAN CALON PENGANTIN PRIA"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel