HIKMAH DARI DRAKOR THE WORLD OF THE MARRIED




Drama Korea The World of The Married, sebenarnya sebuah cerita sederhana. Hanya karena kepiawaan berbagai pihak yang terlibat, antara lain penulis cerita dan skenario, sutradara dan para pemain di setiap episode demi episode membuat geregetan para penonton. Akting ciamik para pemain utama seperti Kim Hee-ae sebagai Ji Sun-woo, Park Hae-joon sebagai Lee Tae-oh dan sang pelakor cantik Yeo Da-kyung sebagai Han So-hee dan dibantu para pemain lainnya membuat The World of The Married terasa enak ditonton. Apalagi ibu-ibu rumah tangga yang merasa geregetan dan tidak sabar menunggu episode selanjutnya.

Cerita The World of The Married adalah kisah tentang rumah tangga yang awalnya bahagia, namun berubah menjadi penuh konflik karena ada isu perselingkuhan. Di sinilah kepintaran penulis cerita memainkan dan menguras emosi para penonton. Ditambah lagi sang sutradara pandai meramu dan meracik adegan demi adegan untuk membuat penonton menjadi suka dan simpati kepada tokoh protagonis. Sebaliknya marah dan benci kepada tokoh antagonis, padahal ini hanya sebuah kisah rumah tangga biasa tentang perselingkuhan, namun diramu dengan pertengkaran dan konflik yang beragam dan akting pemain yang luar biasa. Jadilah The World of The Marriage sebagai salah satu serial televisi sukses di Korea Selatan. 

Awalnya Ji Sun-woo seorang dokter bekerja sebagai direktur  rumah sakit  keluarga di Gosan   memiliki rumah tangga bahagia. Suaminya Lee Tae-oh yang tampan dan anak laki-laki bernama Joon Young yang pintar itulah pelengkap kebahagiaannya. Sun Woo menganggap rumah tangga mereka telah sempurna dan selalu mesra.

Namun kebahagiaan itu tidak bertahan lama, sampai suatu ketika Tae Oh ketahuan berselingkuh dengan seorang wanita muda cantik bernama Yeo Da-kyung. Terbongkarnya perselingkuhan itu, karena Ji Sun-woo membongkar bagasi mobil suaminya, ia menemukan ponsel dengan wallpaper wanita. Ini ada kaitannya dengan penemuan rambut di syal suaminya. 

Rahasia itu terbongkar ketika Sun Woo membongkar bagasi mobil suaminya dan menemukan sebuah ponsel dengan wallpaper foto seorang wanita bernama Yeo Da-kyung. Lalu ia membuka galeri di ponsel tersebut. Beranjak dari sanalah Sun Woo mengetahui kalau suaminya telah melakukan perjalanan bersama teman-temannya dan Da Kyung tentunya. Ini berarti hampir semua orang yang dikenalnya telah mengetahui perselingkuhan sang suami.
Umumnya bila seorang wanita bila mengetahui suaminya berselingkuh, pastilah emosi dan akan melabrak suami. Namun hal ini tidak berlaku untuk Sun Woo. Dengan sisa tenaganya ia memaksakan  tetap tersenyum di hadapan semua orang yang dikenalnya.
Diam-diam Sun Woo menyuruh seseorang untuk mengumpulkan bukti-bukti perselingkuhan. Ia menyuruh Min Hyun-seo untuk membuntuti  suaminya. Sebaliknya sang suami menugaskan Sul Myung-suk teman dekat Sun Woo di kantornya untuk menutupi perselingkuhannya dengan Da Kyung. Di sinilah terjadi trik dan intrik antara suami dan istri.
Hyun Seo yang disuruh oleh Sun Woo memata-matai Tae Oh memiliki kekasih yang gemar menyiksanya. Kekasihnya itu bernama Park In-kyun. Mengetahui hal ini Sun Woo melaporkan kepada polisi. Akhirnya In Kyun dijebloskan ke penjara, hal ini membuat In Kyun merasa dendam kepada Sun Woo.
Rumah tangga Sun Woo dengan Tae Oh semakin tidak harmonis. Pertengkaran demi pertengkaran terjadi di antara mereka. Kepada Myung Suk, Tae Oh mengakui merasa tertekan hidup bersama Sun Woo sebaliknya kreatifitasnya mengalir bila bersama Da Kyung. Tae Oh mengalami dilema karena memiliki dua wanita sekaligus, namun ia merasa saat ini hanya Da Kyung yang megerti akan dirinya. Tentu saja hal ini tak bisa diterima oleh Sun Woo. Apalagi sejak mengetahui Da Kyung hamil, rumah tangga mereka semakin tidak harmonis lagi. Itulah mengapa Sun Woo jadi sering ribut dengan Tae Oh. Hal ini berimbas kepada sang anak Joon Young yang mulai merasa tidak nyaman dengan pertengkaran-pertengkaran yang terjadi di antara kedua orang tuanya.
Sementara itu perusahaan entertainment yang dijalankan Tae Oh mengalami kerugian, karena sebenarnya perusahaan itu hanya cangkang kosong. Tae Oh hanya sibuk dengan perencanaan saja namun lemah dalam operasional perusahaan untuk mencari keuntungan.
Sun Woo yang semakin tertekan perasaannya karena merasa dikhianati suami dan teman-temannya, akhirnya memutuskan untuk bercerai dengan Tae Oh. Beruntung pengadilan menetapkan hak asuh Joon Young ada padanya. Meskipun begitu, Joon Young ternyata trauma dengan perceraian orang tuanya tersebut.
Setelah perceraian dengan Tae Oh terjadi, Sun Woo membongkar perselingkuhan Tae Oh di hadapan orang tua Da Kyung. Sun Woo menceritakan bahwa si pelakor cantik itu tengah mengandung anak Tae Oh, suaminya. Da Kyung yang saat itu emosi memukul Sun Woo.
Sun Woo semakin nelangsa dan hidupnya semakin dilanda kebingungan. Suatu hari Sun Woo yang sudah seperti orang gila membawa Joon Young ke suatu tempat. Mengetahui hal ini Tae Oh menduga Sun Woo telah membunuh Joon Young sehingga ia mencari-cari Sun Woo sampai ketemu. Ketika itu Tae Oh yang sudah terlanjur emosi langsung menghajar Sun Woo hingga babak belur. Saat itu pula Joon Young masuk dan melihat sang  ayah sedang menghajar ibunya. Akhirnya Tae Oh ditahan sementara karena melakukan kekerasan. Untuk jangka waktu yang cukup lama, Sun Woo menikmati kesendiriannya, karena sang suami telah menghilang dari kehidupannya.
***
Setelah dua tahun berlalu, Tae Oh dan Da Kyung muncul lagi di Gosan. Kehidupan mereka telah berubah. Anak mereka sudah lahir dan diberi nama Jenny. Tae Oh dan Da Kyung mengundang orang-orang berpengaruh di daerah itu untuk menghadiri pesta perayaan rumah baru yang mereka tempati. Sebuah rumah mewah terletak di kawasan paling elit di kota Gosan.
Sekarang Tae Oh telah sukses mejadi produser berkat aliran dana dari orang tua Da Kyung. Sukses besar itu ditandai dengan keberhasilan filem Good Life yang diproduksinya, sehingga orang-orang di Gosan bisa menerima kehadiran Tae Oh dan Da Kyung sekaligus melupakan masa lalu mereka. Berkat uang pula, Tae Oh bisa mendapatkan kembali kepercayaan anaknya Joon Young. Sang anak mulai mau meluangkan waktu bersamanya.
Sementara kehidupan berbeda dialami oleh Sun Woo. Gangguan demi gangguan seakan terus meneror hidupnya. Ada yang memecahkan kaca jendela rumah, bahkan menyerangnya ketika ia sendirian. Beruntung tetangganya menlepon polisi karena merasa terancam sehingga penyerang itu melarikan diri. Setelah itu datang pula teman Sun Woo bernama Dr. Kim Yoon-ki yang berprofesi sebagai psikiater  merasa khawatir tentang kehidupan Sun Woo.
Rupanya Tae Oh telah menyewa In Kyun yang baru keluar dari penjara untuk mengganggu kehidupan Sun Woo. In Kyun yang merasa dendam kepada Sun Woo menerima tugas itu dan melaksanakanya dengan senang hati, bahkan ia berniat kalau bisa akan membunuh Sun Woo. Orang yang telah menjebloskannya ke penjara.
Dalam suatu kejadian In Kyun terbunuh di stasiun Gosan ketika berusaha mengejar Hyun Seo, mantan kekasihnya. Atas kejadian ini Tae Oh dicurigai sebagai pembunuh In Kyun, karena orang yang paling sering berhubungan dengan In Kyun akhir-akhir ini adalah Tae Oh.
Entah atas dasar apa, Sun Woo mau melindungi Tae Oh dengan mengajaknya menginap di rumahnya. Alibi inilah yang melepaskan Tae Oh dari tuduhan sebagai pembunuh In Kyun. Namun keduanya berjanji akan melupakan hubungan sesaat itu.
Sementara Joon Young yang telah tinggal bersama Tae Oh, hidupnya mulai berubah. Ia merasa tersiksa dan sering mencuri, sehingga dokter mengatakan, Joon Young seorang kleptomania. Sun Woo yang hidup sendiri merasa terpukul dengan kondisi Joon Young.
Sun Woo merasa kehilangan Joon Young dan sempat putus asa. Ia merasa telah kehilangan Joon Young. Kemudian pergi menemui rekannya di pantai  Dr. Kim Yoon-ki. Saat di pantai, Sun Woo berusaha bunuh diri dengan cara menenggelamkan dirinya di laut, namun sempat ditolong oleh Yoon Ki. Saat itu pula Sun Woo menangis di pelukan Yoon Ki. Kejadian itu sempat dilihat oleh Tae Oh dari kejauhan.
Sun Woo yang merasa kehilangan Joon Young, akhirya memutukan untuk menjemput anaknya dari kediaman Tae Oh. Rupanya Da Kyung tidak setuju dan berusaha mencegah niat Sun Woo. Saat itu pula Sun Woo menceritakan kalau ia telah tidur lagi dengan Tae Oh yang menginap di rumahnya untuk menguatkan alibi bahwa Tae Oh bukan yang membunuh In Kyun. Da Kyung merasa sangat terpukul, awalnya ingin mempertahankan rumah tangganya bersama Tae Oh, namun  akhirnya memutuskan berpisah dan mengasuh sendiri Jenny, anak mereka.
Kehidupan Tae Oh hancur berantakkan! Semua yang dulu dimiliki diambil oleh mertuanya. Rumah, mobil dan kartu kredit, hanya pakaian yang tinggal melekat di badan. Tak pula memiliki uang tunai atau tabungan. Seketika itu pula Tae Oh jatuh miskin. Saat bertemu dengan Sun Woo, pria itu malah menyalahkannya sebagai penyebab kehancuran rumah tangganya dengan Da Kyung. Tae Oh tidak menyadari kalau semua kejadian yang menimpanya berawal dari perselingkuhan dengan Da Kyung, sang pelakor cantik itu.
Walaupun terus dicaci maki oleh mantan suaminya, Sun Woo yang merasa kasihan dengan kondisi Tae Oh memberikan sejumlah uang agar bisa menginap di motel. Wanita itu tidak tega melihat mantan suaminya menderita. Setelah kejadian itu kabarnya Tae Oh pergi dari Gosan dan menghilang dari kehidupan Sun Woo dan anaknya, Joon Yung.
Untuk beberapa lama Sun Woo menikmati kehidupan yang aman dengan Joon Young, walau masih ada setitik kekhawatiran kalau mantan suaminya akan kembali mengganggu kehidupan mereka.  Ternyata feeling Sun Woo tidak salah. Ketika sedang menghadiri makan malam bersama teman-temannya, Tae Oh mengawasi dari kejauhan. Sun Woo bisa merasakan kehadiran Tae Oh walau belum pasti. Namun hal ini dikuatkan lagi dengan kabar dari teman-temannya bahwa di antara mereka telah melihat Tae Oh ada di kota Gosan.
Sun Woo dilanda kekhawatiran kalau mantan suaminya itu akan mengambil Joon Young dari hidupnya, sehingga setiap hari ia terus mengantar jemput anaknya ke sekolah. Ternyata kekhawatirannya beralasan. Suatu hari Joon Young tidak ada lagi di rumah. Hanya ditinggali sepotong surat dari Tae Oh yang menyatakan telah mengambil Joon Young. Wanita single parent itu histeris dan terus menghubungi mantan suaminya. Setelah berulang kali menghubungi, barulah Tae Oh meneruma panggilan dari Sun Woo.
Ternyata Tae Oh membawa Joon Young ke pantai. Ia menghabiskan waktu di sana bersama Joon Young yang sudah lama tidak bertemu. Sun Woo tahu lokasi pantai itu dan segera menyusul ke sana. Ia berhasil membujuk Tae Oh untuk mengembalikan Joon Young dengan cara mengajaknya makan bersama di sebuah restoran.
Tae Oh merasa menyesal dan memohon-mohon kepada Sun Woo untuk rujuk lagi, namun yang keberatan adalah Joon Young. Sang anak masih trauma dan tidak ingin ibunya disakiti lagi. Ia kukuh menolak permohonan dari ayahnya.   
Saat keluar dari restoran, Tae Oh yang putus asa mencoba menabrakkan dirinya ke sebuah truk yang sedang melintas di depan restoran. Untung saja supir truk itu waspada dan berhasil menghindari Tae Oh yang mencoba bunuh diri. Namun tak urung bahu Tae Oh sempat tersenggol truk itu. Sun Woo yang merasa iba terhadap mantan suaminya itu, mendatangi Tae Oh. Kembali Tae Oh memohon maaf sambil berlutut. Melihat kejadian itu, Joon Young marah karena menduga ibunya telah memaafkan ayahnya sehingga Joon Young lari meninggalkan Sun Woo dan Tae Oh.
Berhari-hari Sun Woo mencari Joon Young bahkan ia hampir putus asa karena telah mencari kemanapun tetap saja sang anak tidak juga ditemui. Bahkan kabar beritanya pun tidak ada hilang bagaikan ditelan bumi. Bantuan dari berbagai badan yang menangani remaja yang lari meningalkan rumah juga telah dicoba, namun sama saja tetap tidak ada hasilnya. Sementara Tae Oh juga telah pergi dari kehidupannya.
Menunggu dan menunggu. Hanya itulah yang bisa dilakukan oleh Sun Woo. Sampai pada suatu hari ada yang mengetuk pintu rumahnya. Sun Woo berdiri bergegas ke pintu, ingin mengetahui siapa yang datang. Hati kecilnya berharap yang datang adalah Joon Young. Ternyata benar, yang datang adalah Joon Young.
Selesai

Evaluasi :

Ada hikmah yang dapat diambil dari cerita The World of The Married. Ada sisi-sisi penting yang perlu mendapat perhatian dari pasangan suami istri. Mungkin saja hal-hal itu dapat dihindari agar tidak terjadi pada kehidupan nyata mereka.
Beberapa hikmah itu, antara lain  :
1.      Awal kehidupan bahagia rumah tangga ternyata tidak menjadi jaminan bahwa akan mulus seterusnya. Pasangan suami istri perlu mewaspadai hal ini. Bisa saja akan ada gangguan dari dalam atau dari luar kehidupan mereka. Awalnya rumah tangga Tae Oh dan Sun Woo sangat bahagia. Hidup berkecukupan, dan telah memiliki anak yang pintar, namun kehadiran Da Kyung sang pelakor merubah semua itu.
2.  Selalu jujur dan terbuka kepada pasangan. Mungkin selama ini ada kekurangan sang istri yang dirasakan oleh suami. Kecil memang, namun karena dibiarkan berlarut-larut semakin lama semakin membesar. Kekurangan ini akhirnya ditemukan obatnya pada orang lain. Jadilah rumah tangga bahagia yang telah dibina cukup lama hancur berantakkan.
3.    Pasangan suami istri perlu selalu instropeksi diri masing-masing, apakah ada hal-hal yang ganjil dalam kehidupan mereka. Walau sekecil apapun itu, bicarakanlah secara terbuka dan hati-hati dengan pasangan. Hal ini perlu dilakukan agar hal yang kecil itu tidak menjadi besar.
4.  Apapun alasannya perpisahan suami istri akan mengakibatkan luka mendalam di hati sang anak. Jangankan perceraian, bila suami dan istri kerap bertengkar inipun akan sangat membekas terhadap buah hati perkawinan mereka. Anak yang akan merasakan akibat dari perbuatan orang tuanya. Hindarilah pertengkaran!
5.    Belajarlah saling percaya, saling mengerti, saling menghargai dan tentunya tetap saling mencintai. Tidak ada yang sempurna di dunia ini. Yang awalnya ganteng, kalau sudah berumur tidak ganteng lagi. Yang dulunya cantik jelita nantinya bisa berubah tidak cantik lagi. Janganlah selalu melihat kekurangan pasangan, tapi lihatlah pengorbanan yang telah dilakukannya untuk membina rumah tangga bahagia.
6.    Jangan terpesona dengan rumput tetangga yang hijau dan segar. Percayalah, dibalik fatamorgana itu ada sesuatu yang mungkin bisa menyakiti kita.  

2 Komentar untuk "HIKMAH DARI DRAKOR THE WORLD OF THE MARRIED"

  1. Wah setelah baca evaluasinya, jadi tertarik langsung nonton filmnya

    BalasHapus
  2. Ceritanya memang asyik. Pemainnhya punya karakter yang bagus. Terimakasih sudah mampir.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel