PERNIKAHAN BEDA USIA




Pernikahan beda usia lebih dari 10 tahun sebenarnya banyak terjadi di kalangan masyarakat Indonesia. Baik di masyarakat umum maupun di kalangan artis. Fenomena ini marak belakangan ini. Bisa suami yang lebih tua, bisa pula istri yang lebih berumur.
Sebagai contoh dari dari kalangan artis adalah Adly Fairuz menikahi Angbeen Rishi terpaut beda usia 10 tahun. Ada juga Mark Sungkar ketika berusia 66 tahun menikahi Santi Asoka Mala yang masih berusia 21 tahun. Dari kalangan masyarakat biasa, ada Selamat Riyadi usia 16 tahun menikah dengan Rohaya yang berusia 71 tahun di Sumatera Selatan. Ada lagi Andi Darfan usia 24 tahun menikah dengan Andi Rosmiati umur 55 tahun di Sulawesi Selatan. Dan masih banyak lagi contoh lain yang tidak ditampilkan di sini.  
Sebenarnya berapakah jarak ideal beda usia pria dengan wanita ketika akan menikah? Ada yang menyebutkan pada usia sama. Ada pula yang mengatakan beda dua atau tiga tahun? Atau empat sampai lima tahun? Atau mungkin juga lima sampai sepuluh tahun? Mana yang paling baik? Belum bisa dipastikan. Belum ada batasan yang jelas dan pasti mengenai jarak ideal beda usia suami dengan istri.
Ada yang umurnya hampir sama, hidupnya bahagia. Ada juga yang berbeda usia tiga sampai lima tahun, sampai sekarang usia pernikahan mereka sudah memasuki empat puluh tahun, rumah tangga mereka aman-aman saja. Bahkan yang lebih lama, yaitu beda usia lima sampai sepuluh tahun juga tidak jadi masalah.
Namun yang rumah tangganya berantakkan juga ada, tidak peduli beda usia berapapun. Itu semua tergantung suami dan istri yang menjalani. Yang pasti bila ada kesesuaian sikap dan chemistry di antara suami dan istri, niscaya rumah tangga mereka akan langgeng dan bahagia. Tentunya disertai dengan sikap saling menghargai, saling mengalah, saling mengerti dan tetap saling menyayang.

Kendala menikah beda usia suami istri :
1.       Sering jadi omongan orang lain,
Bila penampilan suami terlalu tua atau lebih tua dari umurnya, sedangkan si istri masih terlihat segar maka penampilan mereka akan terlihat timpang. Misalnya, orang-orang akan bilang “wah suaminya sudah om-om ya”. Bersiaplah menghadapi cibiran dan pandangan yang tidak biasa ketika bertemu teman, keluarga atau orang lain. Kalau pihak istri memang sudah siap menghadapi kenyataan ini, tentu tidak menjadi masalah. Lain halnya kalau penampilan suami terlihat trendy dan bisa bergaya seperti anak muda zaman now, maka tidak akan menjadi omongan orang lain.
2.       Beda pandangan atau style,
Pria yang sudah memasuki umur lebih dari tiga puluh tahun, biasanya akan bersikap lebih dewasa. Sehingga sikap dan kata, cara berpikir dan cara bergaul tidak lagi seperti anak muda. Mungkin wanita yang jadi istri masih usia sekitar dua puluh tahun, tentunya masih bersikap seperti remaja masa kini. Misalnya masih senang clubbing sementara suami lebih suka santai di rumah. Kalau sudah begini, pasti beda usia yang akan disalahkan.
3.       Ketidakcocokan pola pikir,
Pria yang sudah dewasa biasanya lebih mengedepankan cara-cara yang logis dalam berpikir, sebaliknya wanita apalagi masih muda akan lebih mengutamakan perasaan daripada logika. Semakin berumur wanita akan mulai terbiasa berpikir logis, namun sementara belum mencapai tahap itu, mungkin saja akan sering terjadi benturan di dakam rumah tangga.
4.       Pria lebih mendominasi,
Sebagai suami dan pria yang sudah dewasa, wajar saja memiliki pengalaman hidup yang lebih banyak dari istri yang masih berusia dua puluh tahun. Sehingga wajar pula kalau suami akan lebih sering memberikan arahan dan petunjuk kepada istri. Suami akan lebih mendominasi hampir di segala aspek rumah tangga. Namun bila sang suami bisa lebih bijak, ia akan berusaha membimbing istri dengan cara yang santun sehingga tidak menyakiti hati sang istri.
5.       Masalah keturunan,
Ada pendapat dari dunia kedokteran, biasanya pria yang usianya lebih tua lima tahun dari sang istri ketika menikah, akan lebih sulit mendapat keturunan. Butuh waktu yang relatip lama serta butuh usaha yang lebih keras agar bisa memperoleh keturunan. Bila ini terjadi, istri dan keluarga harus bisa diberikan pengertian.
6.       Gangguan masa lalu,
Masalah lain yang mungkin akan dihadapi oleh para istri di sini adalah gangguan dari mantan pacar atau kekasih suami. Kemungkinan ini bisa saja akan muncul, karena di usia suami yang jauh lebih tua, biasanya tidak terlepas dari masalah pernah berpacaran dengan orang lain. Namun bila suami bijak, maka dialah orang yang harus menyelesaikan masa lalunya secara bertanggung jawab, jujur dan transparan.

Kelebihan menikah beda usia,
Banyak yang beranggapan bahwa pada saat ini, beda usia suami dengan istri sekitar sepuluh tahun itu masih wajar. Apalagi pada zaman ini, banyak pria berumur lebih dari 30 tahun pintar merawat diri, tidak mau kalah dengan kaum wanita, sehingga terlihat trendy, fresh dan lebih muda dari usianya. Maka tidak heran apabila banyak wanita memilih pria yang lebih tua menjadi pendamping hidupnya, karena menurut mereka banyak kelebihan menikah dengan pria yang lebih tua.
Kelebihan-kelebihan itu, antara lain :
1.       Lebih mapan keuangannya,
Secara umum pria yang sudah memasuki kepala tiga, itu sudah mapan dalam karir dan pekerjaan. Beda dengan yang masih berumur dua puluhan. Otomatis pria tersebut keuangannya sudah mapan. Memang rezeki itu bisa datang dari mana saja asal mau berusaha. Namun bila menikah dengan pria yang sudah mapan keuangannya walau jauh lebih tua usianya, akan menjamin terpenuhinya kebutuhan rumah tangga. Ingat, menikah itu tidak cukup hanya bermodalkan cinta saja. Hidup perlu makan dan kebutuhan lainnya.
2.       Lebih sabar dan pengertian,
Pria yang jauh lebih tua usianya dari istri, biasanya akan lebih pengertian. Lebih sabar dan bisa mengikuti kemauan istri sepanjang masih dalam batas kewajaran. Banyak pertengkaran suami istri terjadi karena tidak ada saling pengertian di antara mereka. Dan pria yang lebih tua umurnya, bisa mengarahkan istri agar mau saling mengerti.
3.       Bisa membimbing istri,
Banyak suami yang kadang tidak peduli dengan kegiatan sang istri. Dia melepaskan kontrol terhadap apa yang sehari-hari dilakukan oleh istrinya. Ini akan memunculkan benih-benih pertengkaran. Sebaiknya sejak awal pernikahan, suami terus memberikan bimbingan terhadap sang istri. Baik dalam urusan rumah tangga, pergaulan setelah menikah maupun dalam manajemen keuangan rumah tangga. Dan itu biasanya bisa dilakukan dengan baik oleh pria dewasa yang lebih berpengalaman dalam menjalani kehidupan. Dengan begitu, suami dan istri akan lebih saling menghargai satu sama lainnya.
4.       Bisa menjadi tempat berlindung,
Siapapun istri pastilah mengharapkan suami bisa dijadikan sebagai tempat berlindung. Tempat mengadukan permasalahan yang dihadapi. Apakah masalah anak, masalah dengan orangtua ataupun dengan keluarga. Istri mendambakan seorang suami yang bisa melindungi dirinya dari segala permasalahan yang ada sepanjang tidak melanggar hukum atau etika pergaulan. Seorang suami yang lebih tua usianya, diharapkan bisa memenuhi keinginan istrinya sebagai tempat berlindungnya.
5.       Bisa bersikap lembut dan mesra,
Pria yang sudah berkepala tiga keatas, biasanya lebih berpengalaman dalam menghadapi wanita. Dia bisa bersikap lembut dan mesra bila sudah menikah. Sang istri akan dijadikan ratu rumah tangganya dengan bisikan dan belaian mesra dari suami. Wanita manapun tidak merasa cukup walau diberikan harta segudang, tapi minim kelembutan dan kemesraan dari suaminya. Istri manapun butuh diperhatikan, dimanja dan disayang oleh suaminya, sehingga bisa lebih saling menyayang.  

Hasil survey kecil pada sekitar 20 orang manula,
Dari hasil bincang-bincang dengan rekan-rekan yang rata-rata sudah manula dan pengamatan sejak setahun yang lalu terhadap mereka, ada hal yang cukup menggelitik. Jarak usia mereka ketika menikah dengan pasangannya beragam. Ada yang hampir sama usianya. Ada yang usianya beda tiga sampai lima tahun dan ada pula yang lima sampai sepuluh tahun. Umumnya suami lebih tua dari sang istri.
Usia pernikahan mereka rata-rata sudah lebih dari empat puluh tahun. Sekitar 50% dari mereka yang jarak usia antara suami dengan istri hampir sama dan atau beda satu sampai empat tahun mengeluh tentang satu hal yang sama. Para suami mengeluhkan tentang hubungan intim dengan istri. Sulit diajak kompromi, ada saja alasan untuk menghindar.
Di usia mereka yang rata-rata sudah enam puluhan, para suami masih memiliki hasrat seksual cukup besar, sedangkan para istri yang sudah mengalami masa menopause, berkurang sekali keinginan untuk melakukan hubungan intim dengan suami. Memang tidak semua wanita yang sudah mengalami masa menopause jadi ogah-ogahan melayani suami, namun sebagian besar hampir tidak peduli lagi dalam urusan ranjang. Juga para istri banyak yang sudah tidak memedulikan lagi merawat tubuh, serta hanya berpakaian seadanya ketika di rumah. Itu juga yang membuat suami merasa kesal.
Pada pasangan suami istri yang menikah beda usia sekitar lima sampai sepuluh tahun, hampir tidak ada keluhan dari suami tentang hubungan intim dengan istri. Semua berjalan normal, walau frekuensinya tidak sama lagi dengan awal-awal masa pernikahan.
Lalu, apakah jarak usia antara suami dengan istri sebaiknya beda sekitar lima sampai sepuluh tahun ketika menikah? Untuk masalah hubungan intim suami istri, mungkin jawabannya iya. Ini berdasarkan hasil bincang-bincang dengan sekitar dua puluh orang rekan-rekan. Namun tentu ada masalah lain yang harus dibahas sebelum sampai kepada jawaban secara umum.
Sekali lagi tidak ada batasan yang jelas mengenai jarak beda usia antara pria dengan wanita ketika akan menikah. Banyak yang menikah di usia sama, terlihat tetap bahagia sampai akhir hayat mereka. Banyak juga yang menikah beda usia lebih dari 10 tahun, tetap rukun dan mesra. Jadi itu semua lebih tergantung kepada pihak-pihak yang menjalani kehidupan berumah tangga. Hanya saja hasil survey kecil-kecilan di atas bisa menjadi bahan pertimbangan bagi para pria maupun wanita yang akan memasuki gerbang pernikahan.
Bahagia itu sederhana. Jujur, setia, ikhlas dan selalu bersyukur. Tetaplah saling mengerti, saling mengalah, saling menghargai dan saling menyayang. Insya Allah rumah tangga akan bahagia.
Semoga bermanfaat!


Belum ada Komentar untuk "PERNIKAHAN BEDA USIA"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel